Tuesday, November 27, 2012

Seberapa cepat anda mengadopsi teknologi


 

Merasa diri selalu terdepan dalam hal mengadopsi teknologi baru? Istilahnya adalah early adopter, yaitu mereka yang lebih dulu mencoba aplikasi teranyar sebelum teman-temannya. Nah, daripada mengklaim diri tanpa bukti, kini ada web yang dapat mengukur seberapa cepatnya kamu mengadopsi teknologi.
Nama webnya idego.co, membuka layanan untuk menganalisa seberapa canggihnya kamu dibanding user internet lain. Caranya cukup sederhana, di web ini ada ikon Twitter, Instagram, Foursquare dan Github. Tinggal kita pilih saja, di aplikasi apa kamu ingin diukur tingkat kecepatan adopsimu.
Begitu kita klik salah ikon itu, kita akan diminta melakukan otorisasi dengan akun kita. Misalnya untuk mengukur betapa gaulnya kita di Twitter, klik ikon Twitter, dan kita log in menggunakan akun Twitter.
Setelah lakukan otorisasi, akan muncul hasil pengukuran dalam bentuk poin persentase yang dibandingkan dengan akun-akun lain.
Dengan melihat hasil analisa ini dapat terukur sejauh mana kecepatan adopsi seseorang atau suatu organisasi terhadap kemajuan teknologi internet. Jika mewakili suatu organisasi atau perusahaan yang memang fokus pada internet, atau social media, maka hasil persentase di bawah 5% berarti adalah sangat tertinggal. Dengan demikian organisasi tersebut dapat segera memperbaiki kinerjanya.
Kelemahan layanan ini adalah angka yang muncul tidak terlalu akurat. Hanya karena web ini menyatakan kamu ada termasuk dalam 3,63% user pertama di Twitter, bukan berarti itu benar-benar sesuai fakta. Perbandingan dengan akun user lain masih sebatas yang dicapai oleh web ini, belum benar-benar detil dan akurat.
Secara teori, yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi akun secara unik untuk menentukan di skema mana akun tersebut cukup eksis. Namun bukan itu saja yang harus dibenahi. Intinya pada akhirnya user lah yang akan menentukan pilihannya, apakah akan mempercayai layanan ini atau tidak.
Selamat mencoba..

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...