Tuesday, November 27, 2012

Tips Aman Posting di Situs Jejaring Sosial







Karena semua orang bisa melihat, maka kita harus hati-hati dalam mem-posting sesuatu. Contohnya saja sikap dan gaya kita tentu berbeda ketika kita makan dengan orang tua, teman, dan lebih berbeda lagi ketika dengan rekan bisnis. Jaringan sosial kita berisi orang dari berbagai kalangan. Oleh karena itu, ada hal-hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum kita membangun jaringan sosial, dan membuat suatu strategi supaya tetap bisa mengambil manfaatnya tanpa merusak karis, pernikahan, atau persahabatan.

Dimana dan Untuk Apa Anda di Sini ?
Hal pertama yang kita tahu adalah sifat dasar dari situs jejaring sosial yang sedang Anda gunakan. Kadang situs ditujukan untuk hubungan professional dan bisnis, sementara yang lain murni sosial. Posting-an yang biasa bagi orang-orang di Facebook atau yang lainnya belum tentu pantas di Linkedln, meskipun Anda mempunyai orang yang sama kedua situs. Situs seperti Linkedln dan Classmate.com mempunyai kegunaan yang lebih sempit, sedangkan situs jaringan sosial yang lebih umum bisa digunakan untuk berbagai keperluan.


Siapakah Target Anda?
Yang perlu kita ketahui adalah jaringan sosial merupakan suatu bentuk komunikasi tertulis. Semua penulis tahu bahwa aturan pertama dalam menulis adalah target Anda, karena itu tidak hanya mempengaruhi apa yang Anda tulis, tapi juga bagaimana Anda menuliskannya. Jika Anda menggunakan situs jejaring sosial sebagai tempat informasi umum maka tidak begitu perlu mengenal target Anda,

Tidak Hanya yang Anda Posting
Bukan hanya posting-an Anda yang bisa mendatangkan masalah. Jika baru saja bergabung ke situs jejaring sosial, Anda mungkin tidak sadar bahwa teman Anda bisa melihat sebagian atau semua yang di-posting oleh teman Anda yang lain, termsauk gambar yang merka posting disitus mereka yang di-tag ke Anda. Posting-an teman bisa secara tidak sengaja mempermalukan Anda. Jadi, ingat pepatah lama tentang hati-hati memilih teman. Jangan lupa, itu berlaku untuk dua arah: jangan juga mem-posting sesuatu yang bisa mempermalukan teman Anda jika atasan, pasangan, atau orang lain yang membacanya.

Materi Sensitif Bisa Menjadi Bumerang
Banyak orang menggunakan update status untuk memberitahu apa yang mereka lakukan pada saat itu. Yang lain menggunakannya lebih dari sekedar jurnal mini, mengatakan apa yang mereka pikirkan terhadap peristiwa yang terjadi, kehidupan pribadi mereka, dan sebagainy. Sama seperti di “dunia nyata”, Anda harus hati-hati dalam mengemukakan opini, penilaian, dan komentar, terutama tentang politik, seks, dan agama. Hati-hati juga dalam merespon “teriakan” dan keluhan.

Jangan Posting dalam Keadaan Tidak Stabil
Kita semua tahu bahwa berkendara dalam pengaruh alcohol bisa mendatangkan bahaya. Mem-posting ketika Anada mabuk juga bisa sama bahayanya. Ketika sedang emosi, seperti marah, takut, atau sedih, atau kurang tidur bisa mempengaruhi penilaian Anda. Dan itu semua bisa membuat Anda mem-posting hal yang tidak diinginkan,
Itulah beberapa tips yang mungkin bisa membantu kita untuk lebih bijak dalam menggunakan jejaring sosial. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...