Sunday, February 17, 2013

Ponpes Bahrul 'Ulum Kebanjiran

Menyusul meningkatnya debit air Sungai yang menjadi batas antara dsn. Tambakrejo dengan dsn. Gedang, sejumlah warga dan santri Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang mulai khawatir terjadi banjir. Pasalnya peningkatan debit air tersebut cukup tinggi, yang disertai hujan satu hari satu malam.
Puluhan rumah dan puluhan Ribat Pondok pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombag  terendam banjir.  Hujan deras secara merata mengguyur wilayah tersebut, Kamis (14/2) malam membuat air sungai meluap dan menggenangi perumahan warga serta ribat-ribat di pondok pesantren Bahrul ‘Ulum.

Hujan deras juga menyebabkan aktivitas santri dan warga menjadi terhambat. Dampak dari meluapnya air yang menutup bagian jalan, terpaksa kendaraan yang melewati jalur tersebut harus berhati-hati, karena apabila suatu kendaraan tidak berhati-hati bisa jadi kendaraan itu mogok ditengah-tengah air yang menggenangi jalan tersebut.

Banjir yang melanda sebagian kompleks perumahan dan ribat pondok pesantren Bahrul ‘Ulum disebabkan meluapnya 2 sungai di wilayah tersebut, yakni Sungai pembatas antara dusun Tambakrejo dengan dusun Gedang dan sungai di pinggir jalan raya Tambakberas.

Banjir terparah terjadi di sekitar per-empatan Yayasan Ponpes Bahrul ‘Ulum dan Per-tigaan ribat PPT. Chasbullah.

Ketinggian air sempat mencapai paha orang dewasa. Air yang datang sangat cepat membuat santri dan warga terhambat aktivitasnya. Meskipun demikian para santri dan warga tetap nekat untuk menjalani aktivitasnya. Semuanya terbukti dengan banyaknya santri yang masih mengikuti X-Skul di sekolahannya masing-masing dan warga yang berjualan di sekitar pondok, serta semuanya tak menghambat, para panitia HUMAPON untuk mengadakan rapat OC.
  
Sedangkan banjir di
ribat PP. Bumi Damai Al-Muhibbin, ketinggian air hanya mencapai mata kaki.  Banjir yang berlangsung cukup singkat membuat warga dan santir tidak begitu cemas
  
Pantauan
Penulis, Jumat (15/2) sore banjir sudah mulai surut. Warga dan santri tampak membersihkan lumpur maupun sampah di sekitar rumah dan ribat masing-masing.
  
Akibat banjir tersebut sejumblah ruas-ruas jalan, disudut perumahan dan ribat-ribat menjadi rusak.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...