Wednesday, March 6, 2013

Adiwiyata For Character Building (pembangunan karakter )


Man Tambakberas Jombang merupakan salah satu sekolah ( madrasah ) berkarakter  yang mempunyai peran penting didalam perkembangan pendidikan di Jombang. MAN Tambakberas mempunyai standart pendidikan yang kompeten didalam taraf  Sekolah Menengah Atas ( SMA ) Negeri di Jombang, sehingga MAN Tambakberas mampu berkompetisi didalam pemberdayaan sekolah di Jombang bahkan sudah tingkat WILKER.
                    Adiwiyata merupakan langkah lanjutan dari MAN Tambakberas didalam pemberdayaan Karakter bagi generasi muda MAN Tambakberas dengan visi “ mencetak generasi muda yang mandiri, cerdas, imtaq dan berwawasan lingkungan “. Adi berarti indah/bagus, Sementara Wiyata adalah lingkungan, sehingga Adiwiyata adalah tempat yang mempunyai lingkungan yang indah. Inilah yang melatarbelakangi pengembangan karakter di MAN Tambakberas sebagai salah satu kegiatan lanjutan dari program PENDIKAR ( Pendidikan Karakter ).
                       Sehingga, Adiwiyata mempunyai peran penting dalam pembangunan karakter generasi muda. Secara langsung atau tidak, lingkungan berperan didalam pembangunan karakter dimana Adiwiyata mengajarkan partisipasi generasi muda didalam pelestarian lingkungan. Secara bertahap, siswa dan siswi MAN Tambakberas akan berkorelasi dengan lingkungan sebagai tahap awal pembangunan karakter.  Adiwiyata MAN Tambakberas mewajibkan setiap kelas mempunyai beberapa tumbuhan dan beberapa siswa sebagai duta kebersihan dan duta lingkungan. Setiap siswa secara tidak langsung akan terbangun sebuah karakter dalam diri siswa, yaitu dengan merawat, melestarikan tumbuhan dan bertanggung jawab sebagai duta kebersihan dan duta lingkungan.
       Korelasi inilah awal pembangunan karakter berwawasan lingkungan di MAN Tambakberas. Sebuah  sekolah bertaraf  islami berkorelasi dengan lingkungan yang indah dimana islam sendiri menganjurkan didalam pelestarian lingkungan sehingga terjadi proses adaptasi yang akan menghasilkan sebuah keselarasan antar beberapa latar belakang.
               Pembangunan karakter merupakan target objektif MAN Tambakberas didalam pemberdayaan generasi muda siswa dan siswi MAN Tambakberas. Karakter merupakan sebuah sikap atau perilaku hidup yang sistematis didalam sebuah kesusilaan, sehingga seorang yang berkarakter akan mempunyai sebuah pandangan hidup yang terencana. Sifat karakter inilah yang di targetkan oleh sekolah untuk pemberdayaan murid, guru dan sekolah.
      Mengapa harus Adiwiyata ??                                                                                                       Adiwiyata adalah bentuk keindahan dari sebuah lingkungan yang bersih indah dan terjaga kelestariannya. Selain untuk pembangunan karakter, adiwiyata juga dapat berperan bagi penyelamatan kelangsungan ekosistem lingkungan. Dengan adanya Adiwiyata, siswa MAN Tambakberas berpartisipasi akitf didalam pelestariannya. Salah satunya adalah adanya green house di sekolah,  anjuran didalam merawat dan menjaga tumbuhan yang ada di sekitar kelasnya, pembuatan pupuk humus di sekolah dan adanya pembelian sampah organik dan non organik oleh sekolah sebagai salah satu proses didalam reduce,  reuse dan recycle sampah yang ada disekolah.
                        Pembelajaran inilah yang akan membangun sebuah karakter berwawasan lingkungan sebagai salah satu usaha MAN Tambakberas Jombang didalam pemberdayaan generasi muda yang berkarakter. Karena inilah MAN Tambakberas memilih Adiwiyata sebagah salah satu program lanjutan pendidikan siswa yang berkarakter.
                  Progam inilah yang membuat MAN Tambakberas dipilih sebagai delegasi dari Jombang sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri. Sebelumnya, MAN Tambakberas sukses dalam program PENDIKAR ( Pendidikan Karakter ) dengan mendapat Juara III lomba sekolah berkarakter tingkat Provinsi. Hal inilah yang mendorong MAN Tambakberas didalam membuat progran lanjutan pemberdayaan generasi muda yang berkarakter.
                     Secara logis dan sistematis, MAN Tambakberas merupakan Sekolah yang sukses dalam pemberdayaan generasi muda yaitu program Adiwiyata sebagai pembangunan karakter generasi muda ataupun didalam pelestarian ekosistem lingkungan. Namun  disisi yang lain, ada beberapa pihak yang kurang respons aktif terhadap program Adiwiyata. Semoga MAN Tambakberas dapat terus mengkoordinasi sistem-sistem dan program didalam pemberdayaan karakter  semua generasi muda dengan di dukung oleh semua pihak.

BY : Hamba Allah.(Syhb Syaifllah Mhmmd).

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...